Minggu, 23 November 2008

Tambo Alam Minangkabau, Tatanan Adat Warisan Nenek Moyang Orang Minang


Adat dan Budaya Minangkabau

Judul Buku : Tambo Alam Minangkabau, Tatanan
Adat Warisan Nenek Moyang
Orang Minang
Penulis : Ibrahim Dt. Sanggoeno Diradjo
Kertas isi : HVS 70 gr.
Cover : Artpaper 270 gr.
ISBN : 978-979-18327-0-0
Ukuran : 21 x 14,5 cm
Jumlah hal. : xvi + 300 hal.
Diterbitkan oleh: Penerbit Buku Alam Minangkabau
”Kristal Multimedia”
Jln. Mangga No.5 Tangah Jua
Bukittinggi 26131, Telp./Fax: (0752) 33768

ADAT dapat berjalan dengan baik kalau ada yang mempertahankannya. Adapun yang dapat mempertahankan adat tersebut adalah orang-orang yang menjadi pemilik adat itu sendiri serta petunjuk-petunjuk yang mengatur adat itu sehingga dapat dijaga dan dievaluasi perjalanannya.
Tatanan Adat Minangkabau diyakini dapat menjadikan masyarakatnya menjadi orang-orang yang berakhlak, berbudi pekerti yang luhur, menghindari segala sesuatu yang melanggar ketentuan adat kesopanan seperti berbuat maksiat, berjudi, merampok dan lain-lain perbuatan yang akan mengganggu harga diri keluarga. Apabila adat itu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari Insya Allah dapat memberikan keselamatan dan kesentosaan bagi masyarakatnya.
Adat Nan Sabana Adat merupakan adat Minangkabau yang paling asli yang menjadi dasar penyusunan untuk tingkat adat di bawahnya. Adat ini didasarkan kepada ajaran agama ciptaan Yang Maha Kuasa dan ajaran alam (Alam takambang jadi guru) sehingga akhirnya menjadi falsafah hidup orang Minang:
"Adat basandi syarak, Syarak basandi Kitabullah
Syarak mengato, Adat mamakai."

1 komentar:

gusrial mengatakan...

dimana saya bisa mendapatkan buku tambo ini dan berapa harga nya bisakah di kirim ke alamat saya kalau bisa tolong hubungi saya di no telp 0713325141 hp 081373044270 an gusrial rajo mangkuto