Minggu, 23 November 2008

Tambo Nagari Kurai Limo Jorong


Adat dan Budaya Minangkabau

Judul Buku : Tambo Nagari Kurai Limo Jorong
Editor : H.A.Indramaharaja
Kertas isi : HVS 70 gr.
Cover : Artpaper 270 gr.
ISBN : 978-979-98205-9-4
Ukuran : 21 x 14,5 cm
Jumlah hal. : xvi + 140 hal.
Diterbitkan oleh: Penerbit Buku Alam Minangkabau
”Kristal Multimedia”
Jln. Mangga No.5 Tangah Jua
Bukittinggi


Nagari Kurai Limo Jorong (identik dengan Kota Bukittinggi) adalah suatu nagari sebagai satu kesatuan masyarakat hukum adat di Alam Minangkabau yang mempunyai ciri khas tentang struktur kedudukan maupun sistem adatnya. Yang pertama, masyarakatnya memakai sistem adat Datuk Ketumanggungan dan adat Datuk Parpatih Nan Sabatang sekaligus, seperti kata pepatah:

Pisang sikalek-kalek hutan
Pisang timbatu nan bagatah
Samo dimakan kaduonyo;
Koto Piliang anyo bukan
Bodi Caniago anyo antah
Samo dipakai kaduonyo.


Kedua, Pemangku adatnya sudah tertata dengan baik sejak dulunya. Susunan pemerintahan sepanjang adat menurut kelarasan Koto Piliang Bajanjang naiak batanggo turun. Pelaksanaan pemerintahan dipakai cara kelarasan Bodi Caniago yaitu: Bulek ayia ka pambuluah, bulek kato ka mupakat, nan rajo kato mupakat.
Susunan adat yang tercermin di Kurai Limo Jorong sampai saat ini adalah Bapucuak bulek baurek tunggang, rumah babari batungganai, kampuang dibari ba nan tuo, dan nagari dibari bapangulu.

2 komentar:

Sejarah, Sains, Astrologi, Ivan Taniputera mengatakan...

Selamat siang, bagaimana saya dapat memperoleh buku Tambo Nagari Kurai Limo Jorong? Mohon email ke ivan_taniputera@ yahoo.com.

Banyak terima kasih sebelumnya.

Joko mengatakan...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏, mohon maaf sebelumnya saya berminat memfotokopi buku tentang burung perkutut yang ada di google ivan_taniputera.yahoo.com